Tabel Pengembangan Alat Ukur
No | Jenis Layanan | Tujuan | Bidang Bimbingan yang Dinilai | Materi Pokok/Sub Materi | Indikator | Teknik | Sumber Data |
1 | Orientasi | Pengenalan | Belajar | Pengenalan tentang Materi-materi pokok kelas XII | Siswa mengetahui apa saja materi pokok di kelas XII | Angket | Siswa |
2 | Informasi | Pemahaman | Belajar | Meningkatkan motivasi belajar | Siswa mempunyai kamauan yang besar untuk mencapai cita cita yang telah di tentukan Berorientasi terhadap cita-cita siswa | Pedoman Observasi | Siswa |
3 | Penempatan dan Penyaluran | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Menentukan metode belajar yang sesuai dengan diri sendiri | siswa mengetahui metode balajar yang sesuai dengan dirinya | Angket | Siswa |
4 | Penguasaan Konten | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Belajar efektif | Siswa mampu mengetahui dan mampu menerapkan metode belajar yang efektif | Angket | Siswa |
5 | Konseling Individu | Pemahaman, Pengentasan, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar | Siwa mengungkapkan masalahnya yang menjadi hambatan dalam bidang belajar. Siswa menemukan solusi dan bisa mengatasi masalahnya dalam bidang belajar secara mandiri. | Wawancara | Siswa |
6 | Bimbingan Kelompok | Pemahaman tentang topic yang di bahas | Belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Angket | Siswa |
7 | Konseling Kelompok | Pengentasan masalah-masalah siswa di bidang belajar, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Masalah siswa di bidang belajar | Mendiskusikan topic dan mencari penyelesaian bersama atas topic tersebut. | Angket | Siswa |
Tabel Pengembangan Alat Ukur
No | Jenis Layanan | Tujuan | Bidang Bimbingan yang Dinilai | Materi Pokok/Sub Materi | Indikator | Teknik | Sumber Data |
1 | Orientasi | Pengenalan | Belajar | Pengenalan tentang Materi-materi pokok kelas XII | Siswa mengetahui apa saja materi pokok di kelas XII | Angket | Siswa |
2 | Informasi | Pemahaman | Belajar | Meningkatkan motivasi belajar | Siswa mempunyai kamauan yang besar untuk mencapai cita cita yang telah di tentukan Berorientasi terhadap cita-cita siswa | Pedoman Observasi | Siswa |
3 | Penempatan dan Penyaluran | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Menentukan metode belajar yang sesuai dengan diri sendiri | siswa mengetahui metode balajar yang sesuai dengan dirinya | Angket | Siswa |
4 | Penguasaan Konten | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Belajar efektif | Siswa mampu mengetahui dan mampu menerapkan metode belajar yang efektif | Angket | Siswa |
5 | Konseling Individu | Pemahaman, Pengentasan, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar | Siwa mengungkapkan masalahnya yang menjadi hambatan dalam bidang belajar. Siswa menemukan solusi dan bisa mengatasi masalahnya dalam bidang belajar secara mandiri. | Wawancara | Siswa |
6 | Bimbingan Kelompok | Pemahaman tentang topic yang di bahas | Belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Angket | Siswa |
7 | Konseling Kelompok | Pengentasan masalah-masalah siswa di bidang belajar, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Masalah siswa di bidang belajar | Mendiskusikan topic dan mencari penyelesaian bersama atas topic tersebut. | Angket | Siswa |