Angket
Siswa
4
Penguasaan Konten
Pemahaman dan perubahan tingkah laku
Belajar
Belajar efektif
Siswa mampu mengetahui dan mampu menerapkan metode belajar yang efektif
Angket
Siswa
5
Konseling Individu
Pemahaman, Pengentasan, dan perubahan tingkah laku
Belajar
Mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar
Siwa mengungkapkan masalahnya yang menjadi hambatan dalam bidang belajar.
Siswa menemukan solusi dan bisa mengatasi masalahnya dalam bidang belajar secara mandiri.
Wawancara
Siswa
6
Bimbingan Kelompok
Pemahaman tentang topic yang di bahas
Belajar
Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar
Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar
Angket
Siswa
7
Konseling Kelompok
Pengentasan masalah-masalah siswa di bidang belajar, dan perubahan tingkah laku
Belajar
Masalah siswa di bidang belajar
Mendiskusikan topic dan mencari penyelesaian bersama atas topic tersebut.
Angket
Siswa
Tabel Pengembangan Alat Ukur
No | Jenis Layanan | Tujuan | Bidang Bimbingan yang Dinilai | Materi Pokok/Sub Materi | Indikator | Teknik | Sumber Data |
1 | Orientasi | Pengenalan | Belajar | Pengenalan tentang Materi-materi pokok kelas XII | Siswa mengetahui apa saja materi pokok di kelas XII | Angket | Siswa |
2 | Informasi | Pemahaman | Belajar | Meningkatkan motivasi belajar | Siswa mempunyai kamauan yang besar untuk mencapai cita cita yang telah di tentukan Berorientasi terhadap cita-cita siswa | Pedoman Observasi | Siswa |
3 | Penempatan dan Penyaluran | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Menentukan metode belajar yang sesuai dengan diri sendiri | siswa mengetahui metode balajar yang sesuai dengan dirinya | Angket | Siswa |
4 | Penguasaan Konten | Pemahaman dan perubahan tingkah laku | Belajar | Belajar efektif | Siswa mampu mengetahui dan mampu menerapkan metode belajar yang efektif | Angket | Siswa |
5 | Konseling Individu | Pemahaman, Pengentasan, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar | Siwa mengungkapkan masalahnya yang menjadi hambatan dalam bidang belajar. Siswa menemukan solusi dan bisa mengatasi masalahnya dalam bidang belajar secara mandiri. | Wawancara | Siswa |
6 | Bimbingan Kelompok | Pemahaman tentang topic yang di bahas | Belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Mendiskusikan topic yang sedang dibicarakan banyak orang terkait dengan bidang bimbingan belajar | Angket | Siswa |
7 | Konseling Kelompok | Pengentasan masalah-masalah siswa di bidang belajar, dan perubahan tingkah laku | Belajar | Masalah siswa di bidang belajar | Mendiskusikan topic dan mencari penyelesaian bersama atas topic tersebut. | Angket | Siswa |