VERBATIM KONSELING PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG
NO | PERTANYAAN/PERNYATAAN | KDK | TAHAP |
1 | KI : ”Assalamualaikum...” KO : “Waalaikum salam, mari mbak akil silahkan duduk.” | Acception | Tahap Pengantaran |
2 | KI : “iya bu.” KO : “mari mbak akil silahkan masuk silahkan duduk cari posisi yang nyaman saja .” | Acception | Tahap Pengantaran |
3 | KI : “iya ibu.” KO :”gimana mbak sudah nyaman? Gimana kabarnya ini?” | Acception | Tahap Pengantaran |
4 | KI : “iya bu sudah” KO :“oke, mbak akil kenapa tadi ga bareng ibu ya ? kan biasanya kan bareng” | Acception | Tahap Pengantaran |
5 | KI : ”iya bu,tadi kulih saya kosong” KO : “kuliahnya siapa ? “ | Acception | Tahap Pengantaran |
6 | KI : “kuliahnya pak bas” KO : “emg tidak ada pemadatan ya ?” | Acception | Tahap Pengantaran |
7 | KI : “tidak,bapaknya itu kebetulan ada rapat dengan pak SBY katanya seperti itu” KO : “Oh,seperti itu….ya memang ini pak SBY mengunjungi kampus kita ya sekarang ? ” | Acception | Tahap Pengantaran |
8 | KI : “iya bu bener” KO : “iya sudah klo seperti itu,oke barangkali mbak akil kemari ada sesuatu yg perlu dibicarakan misalnya dengan ibu ? “ | Acception | Tahap Pengantaran |
9 | KI : “iya ibu,tapi ibu janji ya jangan bilang pada siapapun !” KO : “iya,mbak akil tenang saja ga usah ragu-ragu untuk menceritakan apa yang ini mbak akil ceritakan kepada ibu,karena dalam BK itu menggunakan asas kerahasiaan.Jadi,nanti segala sesuatu yg mbak akil ceritakan kepada ibu,mbak akil tidak menginginkan orang lain mengetahuinya maka hal itu akn menjadi rahasia antara kita saja,yah…seperti itu” | Acception | Tahap Pengantaran |
10 | KI : “iya bu,terimakasih” KO : “tapi nanti disini ibu memiliki waktu sekitar 30 menit saja bak akil,karena nanti akn ada rapat juga menyusul dosen-dosen yang lain ?” | Acception | Tahap Pengantaran |
11 | KI : “ga papa deh bu,yang penting ibu sudah mau meluangkan waktunya buat saya” KO : “oke kalo begitu,silakan mbak akil bisa ceritakan kepada ibu ?” | Acception | Tahap Penjajagan |
12 | KI : “iya bu…jadi gini bu ceritanya…..saya itu punya kakak….” KO : “lalu….” | Understanding | Tahap Penjajagan |
13 | KI : “kakak saya itu laki-laki nama kakak saya itu kak sihab,kakak saya itu suka nyuruh-nyuruh saya bu KO : “jadi kakak mbak akil itu suka menyuruh-nyuruh mbak akil seperti itu…?” | Understanding | Tahap Penjajagan |
14 | KI : “iya bu….betul” KO : “kakak mbak akil itu suka menang sendiri” | Understanding | Tahap Penjajagan |
15 | KI : “iya bu betul,lah ditempat kerja saya bos saya itu mirip sama kaya kakak saya bu kelakuannya.” KO : “oh..ya,miripnya seperti apa ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
16 | KI : “suka nyuruh-nyuruh saya,suka bentak-bentak saya,suka marah-marahin saya….saya kan capek bu” KO : “maaf kalo boleh tau mbak akil kerja dimana ya ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
17 | KI : “saya kerja di DP Mall bu” KO : “Oh…DP Mall kerja sebagai apa ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
18 | KI : “saya keja sebagai penyaji ituloh bu yang ngasih makanan ke konsumen” KO : “oh waiters,seperti itu..?” | Understanding | Tahap penafsiran |
19 | KI : “iya bu,tapi sebagai pengantar makanan” KO : “oh iya….seperti itu,lalu…?” | Understanding | Tahap penafsiran |
20 | KI : “lah terus,bos saya suka bentak-bentak saya bu seperti kakak saya persis,kn kontrak dari awal itu saya cuma sebagai penyaji saja bu” KO : “kemudian dengan kata lain,perkerjaan mbak akil melebar seprti itu…..? | Encuoragement Limited Questioning | Tahap penafsiran |
21 | KI : “iya bu seperti itu,saya diuru cuci piring,disuruh bersihin piring-piring yg ada dikonsumen yang udah kotor itu bu kn tidak sesuai dengan kontrak saya kn capek bu disuruh kaya gitu” KO : “iya ibu juga dapat memahami perasaan mbak akil itu seperti apa pasti tidak nyaman ya seperti itu” | Understanding | Tahap penafsiran |
22 | KI : “ga nyaman sekali bu,saya itu gimana ya bu pengen keluar kerja tapi saya tidak suka kalo diam diri dikost” KO : “wah…tapi bagus sekali ya mbak akil selain kuliah juga rajin ternyata juga bekerja juga ya kn memiliki pengalaman yg lebih disbanding teman-teman yang lainnya” | Respect | Tahap penafsiran |
23 | KI : “iya sih bu” KO : “lalu…” | Understanding | Tahap penafsiran |
24 | KI : “masalahnya itu saya tidak suka dengan bos saya bu dia itu suk nyuruh-nyuruh saya.kontrak dari awal kn saya sebagai penyaji saja tidak ada cuci piringlah,bersihin piringlah,apalah kn ga ada bu” KO : “lalu keadaan yg sekarang seperti apa ?” | Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
25 | KI : “sekarang saya disuruh-suruh seperti itu bu” KO : “contohnya seperti apa ?” | Understanding | Tahap Pembinaan |
26 | KI : dia itu bentak-bentak saya bu…pas saya baru bawain makanan ke konsumen itu,bos saya bentak saya bu “hey….akil kenapa itu ga diambil skalian kotor itu cepetan diambil dengan nada yang keras bu saya kan malu bu” saya itu tersinggung dan pengen marah bu tapi dia itu bos saya KO : “iya ibu dapat memahami perasaan mbak akil,lalu ketika bos mbak akil seperti itu apa yg mbak akil lakukan ?” | Understanding dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
27 | KI : ya saya bilang “iya pak” gitu aja KO : “selama ini mbak akil disuruh-suruh dilakukan atau menghiraukannya ? | Understanding danEncuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
28 | KI : “iya saya melakukannya,saya takut klo saya tidak nyaman saya cpek pulang kuliah saya kn kerjanya pake shift-shift.an” KO : “oh gitu mbak akil kerjanya pake shift-shift.an ” | Understanding | Tahap Pembinaan |
29 | KI : “iya bu shift dua itu jam 02 siang sampe 10 malem gitu bu saya kn habis kuliah kerja bu capek bu” KO : “iya ibu tahu jadi permasalahannya mbak akil tidak nyaman dengan bosnya ?” | Understanding dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
30 | KI : “iya bu saya sangat tidak nyaman sekali bu dengan pekerjaan itu” KO : “iya selama ini ketika bos mbak akil menyuruh ini itu dampak positif apa yg mbak akil dapat ?” | Reflectiong | Tahap Pembinaan |
31 | KI : “sebenarnya ya ada bu” KO : “coba sebutkan ?” | Reflection | Tahap Pembinaan |
32 | KI : “ iya saya lebih terampil,cekatan,disiplin saya juga bisa bagi waktu tapi saya itu jengkel KO : “oke…kemudian dampak negatifnya ? coba sebutkan ! “ | Reflection | Tahap Pembinaan |
33 | KI : “ ya saya jengkel “ KO : “hanya jengkel,oke dari situ kita lihat perbandingannya dari positifnya kn mbak akil lebih terampil,cekatan,disiplin saya juga bisa bagi waktu sedangkan dampak negatifnya hanya itu jengkel,yang mbak akil ingin itu apa ? | Reflection dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
34 | KI : “saya pengen nyaman kerja ditempat itu bu” KO : “oke jadi intinya mbak akil ingin merasa nyaman kerj ditempat itu ?” | Encouragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
35 | KI : “iya bu” KO : “oke untuk menyelesaikan masalah mbak akil ini ibu punya teknik namanya teknik kursi kosong” | Teknik Pendekatan Gestalt | Tahap Pembinaan |
36 | KI : “apa itu bu…?” KO : “jadi nanti mbak akil harus memainkan peran,mbak akil berperan sebagai top dog dan under dog,top dog adalah orang yg memiliki kuasa orang yg pegang kendali dlm hal ini bosnya mbak akil kemudian berperan sebagai under dog yaitu pihak yg merasa tertekan dlm hal ini mbak akil sendiri.Jadi nanti disini ibu memiliki kursi kosong nanti mbak akil harus dapat memerankan top dog dan under dog yg telah ibu jelaskan,nanti mbak akil duduk di kursi yg kanan dan berperan sebagai top dog atau bos mbak akil peran saja selama ini bos anda menyuruh mbak akil kata-katanya seperti apa kemudian nanti mbak akil bisa berpindah ke kursi sebelah kiri untuk berperan sebagai under dog pihak yg tertekan seperti apa biasanya lalu berpindah kursi lagi berperan sebagai top dog lagi ke kursi sebelah kanan dan kemudian berpindah lagi sebagai under dog di kursi sebelah kiri dari jawaban atau respon seperti apa mbak akil terhadap bosnya akn dan juga sbaliknya bosnya mbak akil merespon seperti apa bagaimana apa mbak akil mau mencobanya ? ” | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
37 | KI : “jadi nanti saya duduk dikursi sebelah kanan berperan sebagai bos saya terus saya duduk di kursi di sebelah kiri berperan sebagai saya sendiri KO : “ iya,sampai mbak akil bisa merasa nyaman dengan posisi yg mbak akil jalani sekarang…begitulah mbak akil penjelasan dari ibu tentang apa yang akn mbak akil lakukan disini..bagaimana apakah mbak akil sudah paham ? “ | Tahap Pembinaan | |
38 | KI : “hmm….sedikit paham sih bu” KO : “bagaimana kalo mbak akil mencobanya ! “ | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
39 | KI : “boleh….” KO : “ baik,bisa kita mulai ya ? “ | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
40 | KO : *memberikan intruksi* nanti mbak akil duduk kursi disebelah kanan mbak akil perankan seolah-olah mbak akil sebagai bos mbak akil…mbak akil perankan bagaimana biasanya bos mbak akil menyuruh-nyuruh mbak akil dari kata-katanya maupun tindakannya begini atau gimana ekspresi bos mbak akil biasanya saat menyuruh-nyuruh mbak akil KI : *duduk sambil memperagakan* jadi begini bu bos saya tadi pas menyuruh saya dia kn duduknya sebelah meja kasir kakinya gini bu apa sih menyilang kaya sok gtu loh bus ok berkuasa | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
41 | KO : baik,mari diperankan KI : *memerankan* “hai…akil piringnya diambil sekalian kotor ga diambil cuci sekalian nanti dibelakang” bilang kaya gitu bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
42 | KO : baik sekarang mbak akil coba menjawabnya dikursi sebelah kiri KI : *berpindah kursi duduk* iya pak udah | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
43 | KO : udah,kira-kira respon dari bos kmu itu seperti apa ? KI : *berpindah kursi duduk* kamu itu kerja ga bener inikan malem minggu banyak pengunjung | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
44 | KO : reaksi mbak akil seperti apa silahkan pindah lagi KI : *berpindah kursi duduk* saya bilangnya gini bu “iya pak sebentar” tapi hati saya jengkel | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
45 | KO : mungkin mbak akil dapat memberikan senyuman,ekspresi ceria mbak akil nanti biar hatinya mbak akil itu tidak merasa tertekan KI : hmm…gitu ya bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
46 | KO : iya mungkin dicoba kembali respon mbak akil terhadap bosnya kali ini dengan senyuman dan ekspresi ceria mbak akil KI : *mencoba kembali* iya sih bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
47 | KO : nah seperti itu bagus,bagaimana kalo pake senyuman perasaannya seperti apa ? KI : ya agak deg-degan bu | Reflection | Tahap Pembinaan |
48 | KO : nah itu bagus gimana kalo mbak akil seperti itu,setidaknya lebih nyaman seperti itu bukan KI : iya jga sih bu | Reflection | Tahap Penilaian |
49 | KO : baiklah itu tadi dari apa yg telah dilakukan itu tadi agar bisa berbicara yg baik mbak akil dengan bosnya,agar mbak akil juga merasa nyaaman kira-kira bisa tidak KI : ga tau bu saya belum terlalu berani tapi akan saya coba | Motivation | Tahap Penilaian |
50 | KO : iya nanti silahkan dipraktekan didepan bos mbak akil yg seperti tadi ketika mbak akil jdi under dognya,kemudian nanti apa yg akan mbak akil lakukan setelah ini dan praktek tadi KI : saya akan mencoba merespon dengan senyuman seperti tdi ketika praktek kursi kosong sekarang jam berapa ya bu | Motivation | Tahap Penilaian |
51 | KO : jam set 4 mbak akil kerja jam berapa ? KI : besok jam 2 | Respect | Tahap Penilaian |
52 | KO : ok,besok beneran loh ya mbak akil harus berani bersikap seperti itu tadi biar merasa nyaman KI : Iya bu | Motivation | Tahap Penilaian |
53 | KO : baik kalo begitu kapan mbak akil akan memberikan hasilnya menceritakan hasilnya kepada ibu KI : saya free besok jam 12 pas istirahat ibu bisa kn besok ? | Motivation | Tahap Penilaian |
54 | KO : iya bisa baiklah kalo begitu ibu tunggu hasilnya nanti mbak akil datang kesini ya KI : iya bu sekarang saya harus pulang terimakasih atas bantuannya bu *KO dan KI berjabat tangan* | Motivation | Tahap Penilaian |
VERBATIM KONSELING PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG
NO | PERTANYAAN/PERNYATAAN | KDK | TAHAP |
1 | KI : ”Assalamualaikum...” KO : “Waalaikum salam, mari mbak akil silahkan duduk.” | Acception | Tahap Pengantaran |
2 | KI : “iya bu.” KO : “mari mbak akil silahkan masuk silahkan duduk cari posisi yang nyaman saja .” | Acception | Tahap Pengantaran |
3 | KI : “iya ibu.” KO :”gimana mbak sudah nyaman? Gimana kabarnya ini?” | Acception | Tahap Pengantaran |
4 | KI : “iya bu sudah” KO :“oke, mbak akil kenapa tadi ga bareng ibu ya ? kan biasanya kan bareng” | Acception | Tahap Pengantaran |
5 | KI : ”iya bu,tadi kulih saya kosong” KO : “kuliahnya siapa ? “ | Acception | Tahap Pengantaran |
6 | KI : “kuliahnya pak bas” KO : “emg tidak ada pemadatan ya ?” | Acception | Tahap Pengantaran |
7 | KI : “tidak,bapaknya itu kebetulan ada rapat dengan pak SBY katanya seperti itu” KO : “Oh,seperti itu….ya memang ini pak SBY mengunjungi kampus kita ya sekarang ? ” | Acception | Tahap Pengantaran |
8 | KI : “iya bu bener” KO : “iya sudah klo seperti itu,oke barangkali mbak akil kemari ada sesuatu yg perlu dibicarakan misalnya dengan ibu ? “ | Acception | Tahap Pengantaran |
9 | KI : “iya ibu,tapi ibu janji ya jangan bilang pada siapapun !” KO : “iya,mbak akil tenang saja ga usah ragu-ragu untuk menceritakan apa yang ini mbak akil ceritakan kepada ibu,karena dalam BK itu menggunakan asas kerahasiaan.Jadi,nanti segala sesuatu yg mbak akil ceritakan kepada ibu,mbak akil tidak menginginkan orang lain mengetahuinya maka hal itu akn menjadi rahasia antara kita saja,yah…seperti itu” | Acception | Tahap Pengantaran |
10 | KI : “iya bu,terimakasih” KO : “tapi nanti disini ibu memiliki waktu sekitar 30 menit saja bak akil,karena nanti akn ada rapat juga menyusul dosen-dosen yang lain ?” | Acception | Tahap Pengantaran |
11 | KI : “ga papa deh bu,yang penting ibu sudah mau meluangkan waktunya buat saya” KO : “oke kalo begitu,silakan mbak akil bisa ceritakan kepada ibu ?” | Acception | Tahap Penjajagan |
12 | KI : “iya bu…jadi gini bu ceritanya…..saya itu punya kakak….” KO : “lalu….” | Understanding | Tahap Penjajagan |
13 | KI : “kakak saya itu laki-laki nama kakak saya itu kak sihab,kakak saya itu suka nyuruh-nyuruh saya bu KO : “jadi kakak mbak akil itu suka menyuruh-nyuruh mbak akil seperti itu…?” | Understanding | Tahap Penjajagan |
14 | KI : “iya bu….betul” KO : “kakak mbak akil itu suka menang sendiri” | Understanding | Tahap Penjajagan |
15 | KI : “iya bu betul,lah ditempat kerja saya bos saya itu mirip sama kaya kakak saya bu kelakuannya.” KO : “oh..ya,miripnya seperti apa ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
16 | KI : “suka nyuruh-nyuruh saya,suka bentak-bentak saya,suka marah-marahin saya….saya kan capek bu” KO : “maaf kalo boleh tau mbak akil kerja dimana ya ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
17 | KI : “saya kerja di DP Mall bu” KO : “Oh…DP Mall kerja sebagai apa ?” | Understanding | Tahap penafsiran |
18 | KI : “saya keja sebagai penyaji ituloh bu yang ngasih makanan ke konsumen” KO : “oh waiters,seperti itu..?” | Understanding | Tahap penafsiran |
19 | KI : “iya bu,tapi sebagai pengantar makanan” KO : “oh iya….seperti itu,lalu…?” | Understanding | Tahap penafsiran |
20 | KI : “lah terus,bos saya suka bentak-bentak saya bu seperti kakak saya persis,kn kontrak dari awal itu saya cuma sebagai penyaji saja bu” KO : “kemudian dengan kata lain,perkerjaan mbak akil melebar seprti itu…..? | Encuoragement Limited Questioning | Tahap penafsiran |
21 | KI : “iya bu seperti itu,saya diuru cuci piring,disuruh bersihin piring-piring yg ada dikonsumen yang udah kotor itu bu kn tidak sesuai dengan kontrak saya kn capek bu disuruh kaya gitu” KO : “iya ibu juga dapat memahami perasaan mbak akil itu seperti apa pasti tidak nyaman ya seperti itu” | Understanding | Tahap penafsiran |
22 | KI : “ga nyaman sekali bu,saya itu gimana ya bu pengen keluar kerja tapi saya tidak suka kalo diam diri dikost” KO : “wah…tapi bagus sekali ya mbak akil selain kuliah juga rajin ternyata juga bekerja juga ya kn memiliki pengalaman yg lebih disbanding teman-teman yang lainnya” | Respect | Tahap penafsiran |
23 | KI : “iya sih bu” KO : “lalu…” | Understanding | Tahap penafsiran |
24 | KI : “masalahnya itu saya tidak suka dengan bos saya bu dia itu suk nyuruh-nyuruh saya.kontrak dari awal kn saya sebagai penyaji saja tidak ada cuci piringlah,bersihin piringlah,apalah kn ga ada bu” KO : “lalu keadaan yg sekarang seperti apa ?” | Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
25 | KI : “sekarang saya disuruh-suruh seperti itu bu” KO : “contohnya seperti apa ?” | Understanding | Tahap Pembinaan |
26 | KI : dia itu bentak-bentak saya bu…pas saya baru bawain makanan ke konsumen itu,bos saya bentak saya bu “hey….akil kenapa itu ga diambil skalian kotor itu cepetan diambil dengan nada yang keras bu saya kan malu bu” saya itu tersinggung dan pengen marah bu tapi dia itu bos saya KO : “iya ibu dapat memahami perasaan mbak akil,lalu ketika bos mbak akil seperti itu apa yg mbak akil lakukan ?” | Understanding dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
27 | KI : ya saya bilang “iya pak” gitu aja KO : “selama ini mbak akil disuruh-suruh dilakukan atau menghiraukannya ? | Understanding danEncuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
28 | KI : “iya saya melakukannya,saya takut klo saya tidak nyaman saya cpek pulang kuliah saya kn kerjanya pake shift-shift.an” KO : “oh gitu mbak akil kerjanya pake shift-shift.an ” | Understanding | Tahap Pembinaan |
29 | KI : “iya bu shift dua itu jam 02 siang sampe 10 malem gitu bu saya kn habis kuliah kerja bu capek bu” KO : “iya ibu tahu jadi permasalahannya mbak akil tidak nyaman dengan bosnya ?” | Understanding dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
30 | KI : “iya bu saya sangat tidak nyaman sekali bu dengan pekerjaan itu” KO : “iya selama ini ketika bos mbak akil menyuruh ini itu dampak positif apa yg mbak akil dapat ?” | Reflectiong | Tahap Pembinaan |
31 | KI : “sebenarnya ya ada bu” KO : “coba sebutkan ?” | Reflection | Tahap Pembinaan |
32 | KI : “ iya saya lebih terampil,cekatan,disiplin saya juga bisa bagi waktu tapi saya itu jengkel KO : “oke…kemudian dampak negatifnya ? coba sebutkan ! “ | Reflection | Tahap Pembinaan |
33 | KI : “ ya saya jengkel “ KO : “hanya jengkel,oke dari situ kita lihat perbandingannya dari positifnya kn mbak akil lebih terampil,cekatan,disiplin saya juga bisa bagi waktu sedangkan dampak negatifnya hanya itu jengkel,yang mbak akil ingin itu apa ? | Reflection dan Encuoragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
34 | KI : “saya pengen nyaman kerja ditempat itu bu” KO : “oke jadi intinya mbak akil ingin merasa nyaman kerj ditempat itu ?” | Encouragement Limited Questioning | Tahap Pembinaan |
35 | KI : “iya bu” KO : “oke untuk menyelesaikan masalah mbak akil ini ibu punya teknik namanya teknik kursi kosong” | Teknik Pendekatan Gestalt | Tahap Pembinaan |
36 | KI : “apa itu bu…?” KO : “jadi nanti mbak akil harus memainkan peran,mbak akil berperan sebagai top dog dan under dog,top dog adalah orang yg memiliki kuasa orang yg pegang kendali dlm hal ini bosnya mbak akil kemudian berperan sebagai under dog yaitu pihak yg merasa tertekan dlm hal ini mbak akil sendiri.Jadi nanti disini ibu memiliki kursi kosong nanti mbak akil harus dapat memerankan top dog dan under dog yg telah ibu jelaskan,nanti mbak akil duduk di kursi yg kanan dan berperan sebagai top dog atau bos mbak akil peran saja selama ini bos anda menyuruh mbak akil kata-katanya seperti apa kemudian nanti mbak akil bisa berpindah ke kursi sebelah kiri untuk berperan sebagai under dog pihak yg tertekan seperti apa biasanya lalu berpindah kursi lagi berperan sebagai top dog lagi ke kursi sebelah kanan dan kemudian berpindah lagi sebagai under dog di kursi sebelah kiri dari jawaban atau respon seperti apa mbak akil terhadap bosnya akn dan juga sbaliknya bosnya mbak akil merespon seperti apa bagaimana apa mbak akil mau mencobanya ? ” | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
37 | KI : “jadi nanti saya duduk dikursi sebelah kanan berperan sebagai bos saya terus saya duduk di kursi di sebelah kiri berperan sebagai saya sendiri KO : “ iya,sampai mbak akil bisa merasa nyaman dengan posisi yg mbak akil jalani sekarang…begitulah mbak akil penjelasan dari ibu tentang apa yang akn mbak akil lakukan disini..bagaimana apakah mbak akil sudah paham ? “ | Tahap Pembinaan | |
38 | KI : “hmm….sedikit paham sih bu” KO : “bagaimana kalo mbak akil mencobanya ! “ | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
39 | KI : “boleh….” KO : “ baik,bisa kita mulai ya ? “ | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
40 | KO : *memberikan intruksi* nanti mbak akil duduk kursi disebelah kanan mbak akil perankan seolah-olah mbak akil sebagai bos mbak akil…mbak akil perankan bagaimana biasanya bos mbak akil menyuruh-nyuruh mbak akil dari kata-katanya maupun tindakannya begini atau gimana ekspresi bos mbak akil biasanya saat menyuruh-nyuruh mbak akil KI : *duduk sambil memperagakan* jadi begini bu bos saya tadi pas menyuruh saya dia kn duduknya sebelah meja kasir kakinya gini bu apa sih menyilang kaya sok gtu loh bus ok berkuasa | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
41 | KO : baik,mari diperankan KI : *memerankan* “hai…akil piringnya diambil sekalian kotor ga diambil cuci sekalian nanti dibelakang” bilang kaya gitu bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
42 | KO : baik sekarang mbak akil coba menjawabnya dikursi sebelah kiri KI : *berpindah kursi duduk* iya pak udah | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
43 | KO : udah,kira-kira respon dari bos kmu itu seperti apa ? KI : *berpindah kursi duduk* kamu itu kerja ga bener inikan malem minggu banyak pengunjung | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
44 | KO : reaksi mbak akil seperti apa silahkan pindah lagi KI : *berpindah kursi duduk* saya bilangnya gini bu “iya pak sebentar” tapi hati saya jengkel | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
45 | KO : mungkin mbak akil dapat memberikan senyuman,ekspresi ceria mbak akil nanti biar hatinya mbak akil itu tidak merasa tertekan KI : hmm…gitu ya bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
46 | KO : iya mungkin dicoba kembali respon mbak akil terhadap bosnya kali ini dengan senyuman dan ekspresi ceria mbak akil KI : *mencoba kembali* iya sih bu | Teknik Kursi Kosong | Tahap Pembinaan |
47 | KO : nah seperti itu bagus,bagaimana kalo pake senyuman perasaannya seperti apa ? KI : ya agak deg-degan bu | Reflection | Tahap Pembinaan |
48 | KO : nah itu bagus gimana kalo mbak akil seperti itu,setidaknya lebih nyaman seperti itu bukan KI : iya jga sih bu | Reflection | Tahap Penilaian |
49 | KO : baiklah itu tadi dari apa yg telah dilakukan itu tadi agar bisa berbicara yg baik mbak akil dengan bosnya,agar mbak akil juga merasa nyaaman kira-kira bisa tidak KI : ga tau bu saya belum terlalu berani tapi akan saya coba | Motivation | Tahap Penilaian |
50 | KO : iya nanti silahkan dipraktekan didepan bos mbak akil yg seperti tadi ketika mbak akil jdi under dognya,kemudian nanti apa yg akan mbak akil lakukan setelah ini dan praktek tadi KI : saya akan mencoba merespon dengan senyuman seperti tdi ketika praktek kursi kosong sekarang jam berapa ya bu | Motivation | Tahap Penilaian |
51 | KO : jam set 4 mbak akil kerja jam berapa ? KI : besok jam 2 | Respect | Tahap Penilaian |
52 | KO : ok,besok beneran loh ya mbak akil harus berani bersikap seperti itu tadi biar merasa nyaman KI : Iya bu | Motivation | Tahap Penilaian |
53 | KO : baik kalo begitu kapan mbak akil akan memberikan hasilnya menceritakan hasilnya kepada ibu KI : saya free besok jam 12 pas istirahat ibu bisa kn besok ? | Motivation | Tahap Penilaian |
54 | KO : iya bisa baiklah kalo begitu ibu tunggu hasilnya nanti mbak akil datang kesini ya KI : iya bu sekarang saya harus pulang terimakasih atas bantuannya bu *KO dan KI berjabat tangan* | Motivation | Tahap Penilaian |