Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh permainan/ice breaking untuk mencairkan suasana dalam dinamika kelompok gaes.
Lingkaran Kerja Sama
Permainan di dalam format kelompok ini dilakukan untuk awal mengukur seberapa besar rasa kepercayaan terhadap orang lain. Adapun langkah-langkah dalam permainan tersebut adalah sebagai berikut.
§ Mintalah siswa untuk berhitung mulai dari nomor 1 sampai habis secara berurut.
§ Semua siswa berdiri dan membentuk lingkaran
§ Sebelumnya minta kepada mereka untuk mengingat setiap nomor urut diri nya masing-masing. Jika diperlukan maka ulangi lagi penyebutan nomor urut tersebut dan lakukan pengujian seperti menyebut Nomor Urut secara acak dan siswa yang disebut nomor Urutnya menyahut dengan jawaban “YA”.
§ Tegaskan kepada siswa untuk mengingat nomor urutnya masing-masing.
§ semua siswa brangkulan atau bergandengan tangan.
§ Konselor menjelaskan kepada siswa untuk yang bernomor ganjil condong ke depan dan yang bernomor genap untuk condong ke belakang.
§ Konselor menjelaskan kepada para siswa bahwa apabila mereka percaya kepada teman di samping mereka, mereka tidak akan jatuh.
§ konselor memerintahkan sebaliknya. Yang bernomor ganjil untuk condong ke belakang dan yang bernomor genap untuk condong ke depan.
§ Diskusikan dengan siswa mengenai makna yang terkandung dalam permainan ini termasuk perasaan-perasaan siswa sendiri.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh permainan/ice breaking untuk mencairkan suasana dalam dinamika kelompok gaes.
Lingkaran Kerja Sama
Permainan di dalam format kelompok ini dilakukan untuk awal mengukur seberapa besar rasa kepercayaan terhadap orang lain. Adapun langkah-langkah dalam permainan tersebut adalah sebagai berikut.
§ Mintalah siswa untuk berhitung mulai dari nomor 1 sampai habis secara berurut.
§ Semua siswa berdiri dan membentuk lingkaran
§ Sebelumnya minta kepada mereka untuk mengingat setiap nomor urut diri nya masing-masing. Jika diperlukan maka ulangi lagi penyebutan nomor urut tersebut dan lakukan pengujian seperti menyebut Nomor Urut secara acak dan siswa yang disebut nomor Urutnya menyahut dengan jawaban “YA”.
§ Tegaskan kepada siswa untuk mengingat nomor urutnya masing-masing.
§ semua siswa brangkulan atau bergandengan tangan.
§ Konselor menjelaskan kepada siswa untuk yang bernomor ganjil condong ke depan dan yang bernomor genap untuk condong ke belakang.
§ Konselor menjelaskan kepada para siswa bahwa apabila mereka percaya kepada teman di samping mereka, mereka tidak akan jatuh.
§ konselor memerintahkan sebaliknya. Yang bernomor ganjil untuk condong ke belakang dan yang bernomor genap untuk condong ke depan.
§ Diskusikan dengan siswa mengenai makna yang terkandung dalam permainan ini termasuk perasaan-perasaan siswa sendiri.